Oleh: dhani911 | Januari 26, 2011

Pemandian Air Panas Cangar

Wisata pemandian alami air panas cangar terletak di Taman Hutan Raya R. Soeryo. Jaraknya sekitar 18 km dari kota Batu Sekitar 1 (satu) jam perjalanan dari pusat kota Malang.

Perjalanan ke Wisata Cangar jauh tapi menyuguhkan pemandangan dan petualangan menakjubkan. Sepanjang perjalanan aku memperhatikan banyak sekali titik-titik yang sangat indah selama perjalanan menuju lokasi dari arah Kota Batu, kita akan memasuki Desa Punten, yang terkenal dengan desa sejuta bunga, karena sepanjang perjalanan, maupun hampir seluruh penduduknya menanam bunga, baik untuk di jual maupun untuk dinikmati sendiri. Kita akan melihat hamparan bunga berbagai macam jenis dan spesies.

Setelah itu kita akan memasuki perkebunan apel yang banyak bertebaran di sebelah kanan dan kiri jalan yang kita lewati dan banyak juga para pedagang apel yang menjajakan apel segar yang baru saja di petik, bila panen raya tiba, harga apel disini bisa kita tawar dengan sedikit lebih rendah dari harga biasanya.

Setelah kita melewati kebun apel dan pemukiman penduduknya, kita akan mulai memasuki perjalanan yang lebih menyenangkan. Jalannya meliuk-liuk seperti ular. Kita akan melihat hamparan perkebunan sayur mayur yang terdapat hampir di sepanjang sisa perjalanan menuju cangar, suasana jadi lebih indah lagi karena latar belakang perbukitan yang hijau, udara yang sangat sejuk dan hamparan hijau sayuran ditambah sedikit bunga liar yang banyak tumbuh di sebalah sisi jalan.

Selain itu, kita akan menemui banyak Green House budidaya Jamur dari yang kelas home industri hingga skala industri besar. Konon, jamur-jamur ini di ekspor ke luar negeri.

Setelah perjalanan mencapai titik tertinggi, jalanan akan menurun tajam hingga 45 derajat dengan tikungan berbentuk U sebanyak 5 kali. Dan kita mulai masuk ke lokasi wisata Cangar. Harga tiket masuknya murah banget, hanya Rp. 3.000,-/orang. Tapi, khusus wisatawan asing harga tiketnya Rp. 20.000,-

Sambil istirahat (kalo cape berendam) ada suguhan dan kenikmatan lain, yakni tape ketan. Harganya?? Cuma Rp. 3.000 saja. Penjual makanan khas di sini, yaitu tape ketan hitam dan “badek”. Makanan dan minuman ini memang cocok. Sebab makanan dan minuman ini membawa nuansa hangat di tubuh yang mengkonsumsinya, lebih-lebih di Cangar ini. Karena Wisata Cangar ini terletak di dataran tinggi, hawa dingin dan kabut jelas terasa.

Sumber:
http://id.shvoong.com/business-management/health-care-management/1944947-cangar/
http://www.lintasberita.com//go/1591541


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: